Selasa, 14 Oktober 2008

Promo Habis, Tarif 3G Telkomsel Kembali Normal

PT Telkomsel Tbk sejak pukul 00.00 Kamis (1/2) memberlakukan tarif normal 3G seiring dengan berakhirnya tarif promo. Siaran pers Telkomsel menyebutkan, selanjutnya tarif Video Call akan mengacu pada ketentuan normal tarif Voice Call baik kartuHALO, simPATI maupun kartu As tanpa "Gratis 5 Menit Pertama". Begitu pula untuk tarif video call pada Mobile TV.

Dari hasil promosi Telkomsel 3G selama ini, respon pelanggan sangat baik, hanya dalam waktu relatif singkat hanya dalam waktu kurang dari satu semester, pelanggan yang meregister sudah sekitar 1,7 juta.

Dapat dikatakan bahwa secara sederhana, dengan pemberlakukan ini, maka biaya menelepon dengan layanan 3G sama dengan biaya menelpon normal (2G), bahkan lebih dari itu pelanggan memperoleh nilai lebih dimana di layanan 3G kita mendapatkan fasilitas yang memungkinkan melihat lawan bicara.

Telkomsel menyatakan, sejalan dengan animo tersebut cakupan layanan pun terus diperluas.

Beerapa indikator tentang antusiasme dan respons positif pelanggan tercermin dari jumlah pelanggan yang menikmati berbagai layanan dunia 3G Telkomsel seperti mobile TV dalam empat bulan pertama (Sep-Des 2006 ) mencapai dua juta hits; pemakaian video call pada akhir tahun 2006 mencapai hampir 1,2 juta video call.

Adapun komposisi pelanggan yang sudah memanfaatkan layanan 3G adalah berasal dari kartuHALO (12 persen), simPATI (55 persen ) dan kartu As (33 persen).

Saat ini Telkomsel telah menggelar lebih dari 1.000 BTS 3G tersebar di 30 kota: Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Jogja, Solo, Purwokerto, Surabaya, Malang, Medan, Palembang, Pematang Siantar, serta Bukittinggi.

Juga Lubuk Pakam, Jangto, Banda Aceh, Sidoarjo, Mojokerto, Gresik, Samarinda, Pekanbaru, Batam, Tanjung Pinang, Denpasar, Mataram, Makasar dan Balikpapan.

Sebagai bagian dari rangkaian penggelaran layanan 3G ke berbagai kota di Indonesia secara cepat, Telkomsel berencana menambah sekitar 1.500 node b (BTS 3G).

Disamping perluasan cakupan 3G di jaringan nasional, Telkomsel juga telah menambah tiga negara akses internasional call 3G via akses IDD Call 007 (Swedia, Belanda dan Jepang) yang menjadikan jumlah komunikasi internasional 3G Telkomsel menjadi 15 negara, karena sebelumnya telah dibuka dengan : Singapura, Malaysia, Filiphina, Taiwan, Australia, Hongkong, Jerman, Belgia, Perancis, Arab Saudi, Italia, dan Yunani.

Edukasi Pasar

Telkomsel menyadari sepenuhnya bahwa dalam membangun industri 3G di Indonesia memerlukan upaya-upaya edukasi kepada masyarakat, terlebih lagi teknologi ini merupakan hal yang baru.

Untuk itu selain mengadakan roadshow edukasi 3G ke beberapa institusi pendidikan seperti sekolah dan kampus, Telkomsel juga menginisisiakan pelatihan 3G bagi wartawan sebagai ujung tombak dalam penyampaian informasi lewat saluran media massa.

Tidak ada komentar: